Obat Herbal Ampuh Untuk Ulkus Duodenum

By | October 4, 2018

Ulkus Duodenum adalah luka yang terbuka dan terjadi pada lapisan dalam lambung dan bagian atas usus halus, atau kerusakan pada lapisan mukosa, submukosa sampai pada lapisan otot saluran cerna yang disebabkan oleh aktivitas pepsin dan asam lambung yang terlalu berlebih. Penyakit ini dapat mengakibatkan rasa sakit yang menjalar ke leher atau bahkan terjadi pendarahan  dalam kasus yang sangat parah sekali.<>

Ulkus duodenum dapat menyerang siapa saja, namun biasanya pria yang berusia 60 tahun ke atas memiliki risiko terkena penyakit ini lebih besar apalagi jika seorang perokok. Tidak banyak orang yang tahu tentang penyakit ini karena sering di anggap sakit maag biasa, tanpa mengetahui apakah itu maag atau Ulkus duodenum, padahal Ulkus duodenum  lebih berisiko dari pada penyakit maag.

Gejala-gejala Ulkus Duodenum :

  • Terasa nyeri dan terbakar pada ulu hati.,
  • Mual.,
  • Perut kembung,
  • Lebih sering Bersendawa.
  • Rasa panas terbakar pada daerah dada
  • Penurunan selera makan.
  • Sesak napas.
  • Tinja berwarna gelap atau kehitam-hitaman.
  • Penurunan pada berat badan yang tidak wajar.
  • Muntah darah.

Penyebab Ulkus Duodenum

Sebagian besar pada kasus ulkus duodenum disebabkan oleh infeksi bakteri helicobater pylori (H. pylori). Normalnya, bakteri ini biasa hidup di lapisan pelindung mukus dan berfungsi untuk melawan bakteri-bakteri yang berbahaya. Namun pada sebagian orang, bakteri ini malah akan merusak lapisan pelindung mukus dan menyebabkan peradangan. Penyebaran infeksi bakteri ini belum dapat dipastikan sepenuhnya, tapi diduga bakteri ini dapat ditulari dari kontak langsung atau melalui makanan dan minuman.

Mengkonsumsi obat-obatan antiinflamasi nonsteroid /OAINS (seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen sodium) secara teratur juga akan dapat menyebabkan iritasi pada lapisan pelindung dinding usus halus dan menyebabkan Ulkus Duodenum.

Pengobatan Ulkus Duodenum

Biasanya dalam mengobati Ulkus duodenum dokter akan memberikan obat  golongan antasida, yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Obat-obatan yang berfungsi untuk melindungi permukaan lambung dan usus halus. atau juga dokter akan memberikan obat antibiotik, penghambat pompa proton, obat penghambat reseptor H2, antasida dan alginat dan Obat yang melindungi dinding lambung dan usus halus.

Obat-obat tersebut akan diberikan oleh dokter bila telah di ketahui penyebabnya, namun sebelum meminta resep obat pada dokter lebih baik anda coba terlebih dahulu pengobatan yang bisa anda lakukan dirumah dengan menggunakan obat  herbal berikut :

Kunyit dan madu

Dalam kunyit sendiri terdapat senyawa unik yaitu kurkuminoid yang memiliki sifat melapisi dinding organ dalam tubuh, terutama pencernaan, sehingga sisi dinding lambung dengan tukak tidak terpapar langsung asam.

Mengkudu

Memang bau , namun Dalam buah mengkudu yang sepenuhnya matang terdapat kandungan xeronyne yang baik sebagai anti oksidan dan membantu mengatasi inflamasi. Dan juga terdapat scolopetin dan terpenoid yang bekerja sebagai anti bakteri, anti inflamasi dan mempercepat regenerasi kulit yang rusak. Tabhakan saja sedikit Gula pasir untuk mengurangi rasa pahitnya

Kedelai

Dalam biji kedelai putih sendiri terdapat kandungan isoflavon dan lesitin yang bekerja aktif sebagai untuk mengatasi ketidak seimbangan hormonal dan kadar gula yang ada di dalam darah yang cenderung memudahkan terjadinya infeksi dan tukak. Dan juga mampu bekerja sebagai anti infamasi sekaligus astringent yang memberi efek dingin pada area infeksi. Karetanoidnya juga membantu membentuk lapisan pada dinding usus dua belas jari supaya tidak secara langsung terpapar asam lambung.

Lalu kami disini akan memberikan beberapa langkah ataupun tips agar terhindar dari Ulkus Duodenum. beberapa di antaranya yaitu :

  • Selalu menjaga kebersihan diri dari penyebaran bakteri Helicobacter pylori yang umumnya hidup di lapisan mukus dalam jaringan pelindung lambung. Penyebaran ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui makanan dan minuman.
  • Berhati-hatilah dalam penggunaan obat anti inflamasi non-steroid.
  • Sedikit mengurangi atau bahkan berhenti merokok.
  • Hinadrilah atau jangan meminum minuman beralkohol.

Itulah sedikit informasi mengenai penyakit Ulkus Duodenum, gejala-gejal, penyebab dan cara mengobatinya dengan menggunakan obat herbal,  untuk anda yang mengalami Ulkus duodenum semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat anda mengetahui obat untuk penyakit anda dan semoga anda sembuh kembali tanpa merasakan sakit di lambung lagi, amin. Dan terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel kami semoga bermanfaat dan bisa menanmbah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.