Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

By | August 11, 2018

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang. Ada beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, di antaranya dengan mengobati dan merawat gigi berlubang, serta menjaga kebersihan mulut. Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

<>

Bau mulut tentu akan sangat mengganggu kelancaran aktifitas sehari-hari terutama saat berbicara dengan orang lain. Beragam faktor menjadi penyebab munculnya aroma tak sedap dari mulut. Salah satu yang cukup sering jadi pemicunya adalah gigi berlubang yang tidak terawat. Bahkan gigi berlubang ukuran kecil saja sudah cukup untuk menyebabkan bau mulut.

Lantas bagaimana caranya mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang ?

Sebelum kami menjelaskan tentang cara mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang, sebaiknya Anda ketahui dulu apa penyebab gigi berlubang. Berikut ulasannya..

Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah kondisi di mana gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar (email) hingga bagian dalam gigi (dentin), sampai membentuk lubang. Gigi berlubang disebabkan oleh penumpukan bakteri pada mulut, sering mengonsumsi makanan yang manis, serta kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Gigi berlubang adalah gangguan yang banyak terjadi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Maka dari itu, pemeriksaan gigi perlu dilakukan secara rutin, karena umumnya gigi berlubang tidak menimbulkan rasa nyeri di awal sehingga sulit dideteksi. Ibu hamil atau anak-anak yang mengalami gigi berlubang lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter, karena pengobatan dan pencegahannya dapat berbeda.

Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, akan menimbulkan masalah bau mulut, lubang akan membesar, serta berisiko menimbulkan infeksi dan gigi tanggal.

Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang umumnya diawali oleh adanya plak pada mulut. Plak berasal dari sisa makanan yang mengandung gula, seperti roti, sereal, susu, minuman ringan, buah, kue, atau permen, yang kemudian diubah oleh bakteri alami dalam mulut menjadi asam. Kombinasi antara bakteri, asam, sisa makanan yang ada di mulut, dan air liur, akan membentuk plak yang melekat pada gigi. Asam yang terdapat dalam plak secara perlahan mengikis lapisan-lapisan gigi, hingga membentuk lubang pada gigi.

Selain itu, gigi berlubang juga dapat dipicu oleh beberapa faktor lain, seperti:

  • Tidak menggunakan pasta gigi mengandung fluoride. Fluoride adalah senyawa yang umumnya terkandung
  • dalam pasta gigi, berfungsi untuk merawat kesehatan serta mencegah kerusakan pada gigi.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis atau asam.
  • Mulut kering.
  • Menderita gangguan makan (misalnya anoreksia atau bulimia) dan penyakit refluks asam lambung.
  • Pertambahan usia.
  • Penggunaan rutin obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herba yang mengandung gula.
  • Jarang menyikat atau membersihkan gigi.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80% penyebab bau mulut atau halitosis bersumber dari masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi. Bau mulut biasanya berawal dari penumpukkan bakteri di mulut, terutama pada gigi berlubang, yang menyebabkan peradngan dan membuat bau tidak sedap akan muncul.

Namun, Anda jangan khawatir ada beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang adalah dengan merawat dan mengobati gigi yang berlubang.

> Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

  • Sikat gigi sehari dua kali setelah makan. Gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Untuk membersihkan sela gigi, disarankan memakai benang gigi. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setelah tiga bulan pemakaian atau ketika sikat gigi sudah mulai rusak.
  • Bersihkan lidah dan gunakan pembersih atau penyegar mulut yang juga mengandung fluoride.
  • Terapkan pola makan sehat, terutama asupan nutrisi yang dapat melawan kerusakan gigi, seperti buah dan sayuran yang kaya serat, makanan berkalsium tinggi, teh hitam atau teh hijau tanpa pemanis, air yang mengandung fluoride, serta mengunyah permen karet tanpa gula.
  • Batasi jajanan atau makanan manis dan asam, seperti permen, manisan, dan minuman bersoda.
  • Hindari juga makanan dan minuman yang memicu bau mulut, seperti bawang merah, bawang putih, dan petai.
  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan gusi, mengotori gigi, dan menimbulkan bau mulut.
  • Jangan terlalu banyak minum kopi dan minuman beralkohol. Kopi dapat meninggalkan bau pada lidah bagian belakang. Sedangkan terlalu banyak minuman beralkohol dapat menyebabkan mulut kering dan membuat bau napas menjadi tidak sedap.
  • Rutin ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk memeriksa gigi dan membersihkan gigi.

Dengan mengatasi gigi berlubang dan menjaga kesehatan mulut merupakan cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Jika bau mulut tidak juga hilang setelah melakukan perawatan seperti diatas, Anda di anjurkan untuk melakukan pemeriksaan tambahan guna mendeteksi kemungkinan adanya masalah kesehatan lain yang menyebabkan bau mulut, seperti infeksi sinus, pneumonia, amandel, bronkitis, diabetes, penyakit hati, penyakit ginjal, atau efek samping dari obat-obatan tertentu.

Itulah sedikit tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Sebagai rekomendasi dari kami yakni Obat Herbal Penghilang Bau Mulut Yang Paling Ampuh & Efektif yakni Qnc Jelly Gamat ( QNCKR ), jika berminat Anda bisa melakukan pemesanan via online dengan mengKlik tautan berikut Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat. 

Qnc Jelly gamat sangat efektif dalam membasmi kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang secara menyeluruh, dengan formulasi penyembuhan 10x Lebih Cepat dan tidak menimbulkan efek samping, serta aman di gunakan untuk semua usia. Untuk informasi lengkapnya mengenai khasiat Qnc Jelly Gamat, Anda bisa Klik Tautan berikut Khasiat QnC Jelly Gamat .

Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Artikel Terkait ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.